« Home | Kerja » | Hard to Understand » | Okupasi » | Temen2 gue » | Di Taiwan » | Soccer & Donald Duck » | Ambition » | wakh » | Pak Pendeta sama pak Kiai » | Gajah Pingsan Setelah Dibisiki Semut »

Einstein's Dream (rekomendasi Buku)

Waktu ! Apakah definisi waktu ? Seperti apa yang kita kira dan kita pikirkankah ? Suatu teori ilmiah tentang waktu ? Ataukah sesuatu yang abstrak yang sulit kita pahami ? Taukah kalian bahwa definisi waktu bagi orang dulu dengan orang sekarang tidaklah sama ? Kebetulan di kelas Mythologi ku, juga membahas tentang definisi waktu, pola pikir masyarakat primitif, sebelum berkembangnya kebudayaan dunia, pandangan mereka akan waktu, akan banyak hal, tidaklah sama dengan pandangan kita. Dan siapalah kita yang dapat mengatakan bahwa apa yang kita kira benar saat ini adalah yang paling benar ?

Saat hendak menitip teman yang pulang indonesia, aku browsing ke internet mencari buku yang kira-kira ingin kubaca dan melihat sinopsis buku ini. Tanpa ragu sedikitpun, aku tau bahwa aku ingin mengetahui isi buku ini, ingin mengetahui bagaimana penulis menggambarkan waktu. Well, tak diragukan lagi, isi buku ini tidaklah seringan tampangnya, kelihatannya tipis, tak begitu tebal sama sekali, namun bahasa yang rada-rada mirip syair dan berpuisi yang digunakan, serta karena tema yang diangkat adalah waktu yang sangatlah abstrak (bukan sekedar cerita dengan alur pasti dan tetap) buku ini bisa dibilang bukanlah buku yang dapat habis dilalap dalam sekali baca ^^" But...it's really beautiful ^.~

Kalimat kritikus David Mehegan, Boston Sunday Globe akan buku ini, kurasa memberi gambaran terbaik akan buku ini (menurut versiku sih :p ) : "Penuh pesona hingga akhir. Suatu usaha pencarian hakikat manusia yang sama sekali bukan teori, seluruhnya terjerat ke dalam waktu, tragis dan indah."

Atau seperti kalimat Susah Fromberg Schaeffer, Chicago Sun-Times : "Novel yang cerdas tentang waktu dengan tingkat pencapaian yang mengagumkan...indah, memikat, dan mendalam pengaruhnya."

Membaca habis buku ini, memang ada perasaan luar biasa sendiri, dan merasakan keindahannya, misalnya saat ia mengajak kita membayangkan suatu dunia tanpa waktu, penulis hanya menuliskan beberapa benda saja, seorang bocah di tepi laut, lelaki duduk termenung memegang potret seorang gadis, burung layang-layang terjebak di langit, Laci terbuka....kalimat-kalimat yang seolah tak berarti dan seolah dapat diabaikan saat membacanya, namun kalau kita mengabaikannya begitu saja, justru perasaan yang disampaikan penulis tak dapat kita tangkap.

Itu satu bagian tentang waktu, sedang keseluruhan isi buku ini terdapat 30 cerita lepas tentang waktu yang berbeda, dunia yang berbeda. Misalnya di bagian pertama dibuka dengan kalimat : "Andaikan waktu adalah suatu lingkaran, yang mengitari dirinya sendiri. Demikianlah, dunia mengulang dirinya sendiri, setepat-tepatnya, dan selama-lamanya." atau bagian lain : "Di dunia ini, waktu seperti aliran air, kadang terbelokkan oleh secuil puing, oleh tiupan angin sepoi-sepoi...."atau di dunia dimana apapun keputusan yang diambil, dunia terbelah menjadi tiga, masing-masing dengan orang-orang yang sama tetapi dengan takdir yang berbeda. Dalam waktu, terdapat ketidakterbatasan dunia."

Ada yang ditulis secara serius, yang lain ditulis dengan begitu jenaka, bayangkan saja bagaimana waktu saling berlomba ? Berusaha menjadi yang tercepat....atau dimana waktu adalah seekor burung bul-bul dimana orang berusaha menangkap dan mengurungnya.
Waktu yang berhenti di pusat waktu, dunia yang berhenti, lalu berputar lagi, berhenti lagi, berputar lagi, berhenti, dan berputar lagi.....

Yeah...kalau yang diharapkan adalah buku dengan alur yang pasti, dari A sampai Z, buku ini jelas tidaklah demikian, tapi ia adalah buku yang mengajak pikiran kita melompat-lompat dan bergerak, memainkan imajinasi kita, dan membebaskan kungkungan yang selama ini kita buat dalam benak pikiran kita sendiri. Buku ini mungkin sedikit menyindir kita, di waktu yang mana sebenarnya kita hidup ? Disatu sisi waktu seperti air, diwaktu lain waktu terhenti, dilain waktu ia berlari.....

Anyway....ini merupakan suatu buku yang cerdas, dari penulis yang cerdas, sayangnya....tak langsung membuat kita pembacanya turut menjadi cerdas secara instan ^^"

Taukah kalian membaca buku adalah sesuatu yang memerlukan
latihan, dan
bukannya langsung dapat kita lakukan dengan mudah....seperti halnya
hal lain
yang belum dapat kita lakukan, membaca dapat terasa seperti suatu
penderitaan, tapi pada saat kita belajar mencintainya, dan menumbuhkan minat
terhadapnya....membaca adalah suatu kebahagiaan tersendiri

Oleh: Olive

Wuah...tulisanku diposting ya ? Hahaha...sayang kamu di KaoHsiong, kalo engga kan bisa saling pinjam meminjam bacaan ya :p

Kita kayaknya suka beberapa jenis buku yang sama tuh ^.~ Kalo ada waktu beli buku, ingat untuk beli buku ini ya...it's really nice to read ^_______^

Post a Comment

About me

  • I'm andre
  • From jakarta city, Asia, Indonesia
  • this web is my now youtube videos. my giving subtittle to some films also my own video. all in here.
My profile

Archives